Minggu, 11 Oktober 2015

Poster

Mendesain poster  satu pekerjaan yang sangat menantang kreativitas. Berbagai kemungkinan bisa dilakukan untuk menarik audiens. Anda bebas mengumbar kreativitas, namun tetap sadar bahwa tujuan poster adalah menyampaikan informasi kepada audiens. Poster harus mampu menyampaikan informasi atau pesan pada audiens yang sedang sibuk, hanya dalam bilangan detik. Karena waktu baca yang begitu singkat dan dalam situasi sibuk maka Anda harus menentukan salah satu informasi untuk dijadikan elemen kunci.

Ukuran poster yang besar dengan sendirinya memberikan keleluasaan yang besar kepada desainer dan karena ukuran itu pula poster sangat menarik perhatian bila didesain dengan strategi kreatif dan komunikasi baik.

Seperti karya- karya desain lainnya, poster bisa sangat didominasi oleh segi fungsinya, bisa juga oleh segi kreatifnya yang artistik dan mengandung pesan- pesan yang dalam. Misalnya pada poster lomba jurnalistik yang berisi banyak elemen layout: judul (tema), deck, subjudul (syarat peserta, pendaftaran, kriteria penilaian), bodytext dan mandatories, semua didesain lebih untuk tujuan informatif, bukan artistik. Berbeda dengan poster ikalan misalnya, walaupun sangat sedikit menggunakan elemen layout, namun sarat kandungan dengan nilai artistik dan pesan yang dalam. Kesemuanya adalah hasil pengolahan elemen- elemen desain dan layout yang diatur berdasarkan tujuan dari masing- masing poster tersebut.

Fungsi poster sebagai media penyampaian informasi, digunakan untuk mempromosikan sesuatu, propaganda, kampanye sosial dan lain- lain.



Robin Landa mengemukakan pendapat yang layak dijadikan petunjuk dalam mendesain poster. Menurutnya, desain poster bisa hanya berupa teks atau gabungan antara teks dan ilustrasi (visual). Elemen visual ini bisa abstrak, gambar realis, simbolik, ilustratif, grafik, fotografi, kolase atau kombinasi. Teks yang berupa rangkaian huruf juga dapat berfungsi sebagai ilustrasi (Rakhmat Supriyono, 2010).

Menurut Landa, kriteria desain poster harus dikaitkan dengan tujuan- tujuan poster itu sendiri, yaitu:
a.       Menyampaikan informasi secara jelas dan mudah dipahami.
b.      Menciptakan desain yang seketika dapat dibaca dan dipahami.
c.       Menciptakan desain yang mudah dibaca dari kejauhan.
d.      Menyampaikan informasi penting yang dibutuhkan pembaca.
e.       Menyusun informasi dengan urutan yang mudah diikuti.
f.       Menyusun elemen visual secara hierarki dan menyatu.
g.      Menyusun elemen- elemen poster berdasarkan prinsip- prinsip desain grafis.
h.      Membuat desain yang sesuai dengan subjek, audiens dan lingkungannya.
i.        Mengekspresikan spirit dari subjek atau pesan yang disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar