Media Lini Atas (Above The Line/ ATL)
adalah jenis iklan yang pemasangannya mengharuskan adanya pembayaran/ komisi
kepada biro iklan. Dimuat dalam media cetak (surat kabar dan majalah), media
elektronik (radio, TV dan bioskop), serta media luar ruang (papan reklame,
billboard dan angkutan/ transit).
a. Media
Cetak
Media cetak adalah suatu media yang
statis dan menggunakan pesan- pesan visual. Media ini terdiri dari lembaran dengan
sejumlah kata, gambar, atau foto dalam tata warna dan halaman putih. Fungsi
utama media cetak adalah memberi informasi dan menghibur. Media cetak adalah
suatu dokumen atas segala hal yang dikatakan orang lain dan rekaman peristiwa
yang ditangkap sang jurnalis dan diubah dalam bentuk kata- kata, gambar, foto
dan sebagainya.
Pada Surat Kabar hadir dalam berbagai
bentuk yang sejenisnya tergantung pada frekuensi terbit, bentuk, kelas ekonomi
pembaca, peredarannya serta penekanan isinya. Kebanyakan Surat Kabar
mengandalkan hidup dari iklan. Iklan telah mampu mensubsidi harga ecerannya.
Surat Kabar merupakan media utama yang
banyak digunakan dalam periklanan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh
jangkauan distribusi Surat Kabar dan media lainnya (radio dan TV) dibatasi,
serta harga satuannya yang murah dan
dapat dibeli ecerean.
Berbeda dengan Surat Kabar, majalah
telah jauh lebih menspesialisasikan produknya untuk menjangkau konsumen
tertentu. Setiap majalah umumnya mempunyai
pembaca yang jauh lebih sedikit dari pada pembaca Surat Kabar, namun
memiliki pasar yang lebih mengelompok. Usia majalah juga lebih panjang. Majalah
memiliki kedalaman isi yang jauh lebih berbeda dari Surat Kabar yang hanya
menyajikan berita. Di samping itu, majalah menemani pembaca dengan menyajikan
cerita atas berbagai kejadian dengan tekanan pada unsur menghibur atau
mendidik.
Kebanyakan majalah yang ada memang
diterbitkan untuk menghibur kaum wanita (remaja maupun dewasa). Salah satu
penyebabnya adalah karena segmen ini cukup potensial untuk pemasaran produk-
produk tertentu seperti kosmetik, busana, aksesoris, perabotanm dan alat- alat
pembersih rumah, mobil, toileteries,
makanan, real estate, pasar swalayan
dan lain- lain.
Majah- majalah ini umumnya memuat iklan
berlingkup nasional dengan produk bermutu tinggi untuk mencapai sasaran
konsumen menengah ke atas. Umumnya majalah yang ada diterbitkan oleh penerbit-
penerbit dari ibukota. Sedikit sekali, untuk mengatakan tidak ada, majalah dari
daerah bertujuan untuk menjaring lokal.
b. Media
Elektronik
Seperti halnya majalah, radio adalah
media yang memiliki jangkauan selektif terhadap segmen pasar tertentu. Sebagai
media, radio memiliki beberapa kekuatan seperti: menjangkau khalayak sasaran
yang cukup besar pada waktu bersamaan dan yang hidup di daerah terpencil, cepat
mennyampaikan pesan sehingga memberikan informasi muktakhir dan berguna,
mengatasi berbagai hal geografis.
Begitupula halnya dengan televisi, namun pada
televisi kita dapat melihat visualisanya. Dan pada bioskop menjadi sasaran khusus
bagi para pengiklan yang memang berniat menjangkau kalangan muda sebagai
pemirsa atau konsumen mereka.
c. Media
Luar Ruangan
Fungsi
utam media ini adalah mendukung kampanye iklan untuk mengingatkan, atau sebagai
media sekunder untuk mendukung kampanye iklan di media cetak atau TV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar