Promosi
menunjuk pada berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk
mengkomunikasikan keunggulan produknya dan membujuk para pelanggan dan konsumen
sasaran untuk membeli produk tersebut. Sehingga dapat disimpulkan mengenai
promosi yaitu dasar kegitan promosi adalah komunikasi perusahaaan dengan
konsumen untuk mendorong terciptanya penjualan.
Promosi
merupakan kegitan terpenting, yang berperan aktif dalam memperkenalkan,
memberitahukan dan meningkatkan kembali manfaat suatu produk agar mendorong
konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut. Untuk mengadakan
promosi, setiap perusahaan harus dapat menentukan dengan tepat alat promosi
manakah yang dipergunakan agar dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan.
Menurut
Basu Swastha DM dan Irawan (1999), promosi merupakan intensif jangka pendek
untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu prodak atau jasa (Muhammad
Jaiz, 2014).
Menurut
Stanson (1999), promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari
variabel- variabel periklanan, penjualan personal dan alat promosi yang lain,
yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan (Muhammad
Jaiz, 2014).
Menurut
Lamb, Hair, Mc- Daniel (2001), promosi adalah komunikasi dari para penjual yang
menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan para calon pembeli suatu produk
dalam rangka mempengaruhi pendapat mereka atau memperoleh suatu respon (Muhammad
Jaiz, 2014).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar